WhatsApp-Button

Informasi Artikel

  • Penulis: Admin
  • Rilis: 30 Juni 2021
  • Project URL: -

Berkenalan Dengan Konsep Floating Stairs

TkD1WX.md.jpg

Tangga melayang atau biasa di sebut floating stairs yang sedang popular di generasi milenial saat ini, selain terlihat tampil beda dengan tangga pada umumnya struktur tangga melayang ini terlihat unik, simpel, dan lebih estetik

Tangga melayang identik ditempatkan pada sisi dinding. Ciri khas dari Konstruksi tangga melayang ini yaitu visual tangga yang tidak memiliki tiang penguat. Tetapi sebenarnya, anak tangga yang terlihat melayang ini terhubung dengan induk tangga pada dinding dengan konstruksi kantilever (keseimbangan). Rangka anak tangga untuk floating stairs ini bisa menggunakan beton bertulang ataupun baja yang ditanam pada dinding structural.

Mengingat tangga jenis ini terlihat tidak memiliki tiang penguat, maka kekuatan konstruksi kantilevernya harus benar-benar diperhatikan. Jadi, meski posisi anak tangga terlihat menggantung, konstruksinya juga harus dibuat secara tepat agar  tangga aman untuk digunakan serta mampu menahan beban.

Material pada tangga melayang

Jika rangka pada anak tangga melayang bisa menggunakan beton bertulang dan baja, maka pilihan material pijakan anak tangganya bisa lebih banyak. Anda dapat menggunakan material kayu, kaca atau bilah baja tipis untuk menguatkan kesan melayang. Selain itu Anda juga bisa menggunakan beton kantilever yang di-finishiing dengan resin, cat, marmer, ubin, papan kayu artifisial atau material pelapis lain atau sesuai dengan material yang anda inginkan.

Kelebihan dan Kekurangan Tangga Melayang

Kelebihan lain dari tangga melayang selain secara estetika memang terlihat indah, juga dapat mengubah suasana ruang yang monoton menjadi lebih fresh, selain itu tangga melayang dapat menghemat ruang, hingga membuat ruangan lebih terang dan luas. Bahkan ruang kosong dibawah tangga bisa digunakan untuk keperluan lain. Tidak cukup sampai disitu, ternyata secara psikologis tangga melayang bisa memberikan kenyamanan bagi orang yang menganggap naik tangga itu berat.

Dari banyaknya kelebihan yang dimiliki oleh tangga melayang, yang paling penting adalah masalah keamanan. Pemasangan yang tidak tepat dapat membahayakan Anda dan keluarga. Untuk itu, sebaiknya konsultasikan dengan arsitek sebelum memutuskan untuk membangun tangga melayang. Selain artsitek, disarankan juga untuk berkonsultasi dengan structure engineer.

Structure engineer akan membantu anda menghitung beban secara akurat. Bahkan mereka juga dapat membantu menganalisa tebal plat, jenis sambungan, hingga berapa banyak titik anchor  yang ideal untuk tangga melayang di rumah Anda.

Jika ada anak kecil di rumah, maka sebaiknya Anda menambahkan besi railing yang tipis dengan tinggi 80-90cm. Anda juga bisa menambahkan kisi-kisi vertikal dari besi yang menempel ke dak di atasnya. Jadi bagian sisi samping tangga yang terbuka ada dinding transparan yang berperan meningkatkan keamanan dan penambah estetika.

Semoga informasi tentang cara membuat tangga melayang di atas bermanfaat untuk Anda semua..

Video Artikel